buat panggung untuk acara workshop

Panggung Acara Workshop, Perlu Apa Saja ?

Panggung acara workshop, secara mendasar sebenarnya sama dengan panggung untuk acara lainnya. Sama – sama butuh modul panggung, butuh sebuah area yang lebih tinggi dari posisi audiences yang berpartisipasi di workshop tersebut. Tapi kan bukan hanya modul panggung polos saja ya ? Ada kebutuhan – kebutuhan lain yang juga perlu dipersiapkan diatas panggung-nya, dan ini, dikembalikan lagi pada susunan acara, atau kegiatan apa saja yang akan menggunakan area panggung tersebut.

Oleh karenanya, kami buatkan artikel ini, untuk membantu kalian dalam merancang proses persiapan panggung acara workshop, agar kalian mengetahui hal – hal krusial apa yang perlu dipersiapkan, agar kalian dapat membantu suksesnya acara workshop yang perusahaan kalian adakan. Mari kita mulai pembahasannya.

Sebelum lebih jauh membicarakan apa saja yang diperlukan untuk panggung workshop kalian, maka, kita perlu mengetahui terlebih dahulu, apa sih sebenarnya acara workshop itu ? Apakah sama dengan acara Seminar ?

Menurut pendapat kami, sebenarnya perbedaan yang paling mendasar antara workshop dan seminar, terletak pada pendalaman materi-nya. Jika di seminar, kita akan mendengar, melihat atau menyimak paparan teori dari nara sumber, maka di workshop, lebih dari itu, kalian akan mendapatkan teori-nya dan juga latihan prakteknya bersama dengan nara sumber. Karena kebutuhannya yang juga disertai dengan pelatihan, maka, ini juga jadi salah satu hal yang perlu kalian pertimbangkan sebelum membuat panggung kalian.

Karena ada paparan mengenai teori pada sebuah subject tertentu, media visual adalah salah satu hal krusial yang perlu dipersiapkan, bersanding bersama panggung kalian. Media visual ini bisa berupa sebuah TV besar, screen dan projector-nya, atau sekalian, sebuah screen LED berukuran yang disesuikan dengan luas area panggung dan luas area acara kalian. Media visual ini akan berfungsi untuk menampilkan materi presentasi atau penjelasan tentang teori yang disampaikan oleh nara sumber.

Bila di acara workshop yang kalian rancang, akan ada beberapa orang nara sumber, dan mereka akan tampil secara bersamaan, lengkapi juga media visual kalian dengan alat pendukung seperti video switcher yang memungkinkan setiap nara sumber dapat menampilkan materi mereka tanpa harus pasang dan copot kabel penghubung dari laptop mereka sendiri ke media visual.

Kalian juga perlu mencermati bagaimana para nara sumber nanti menyampaikan materi mereka di atas panggung. Jika ada satu nara sumber, apakah nara sumber ini lebih nyaman bicara menggunakan microphone wireless hand held ( yang dipegang oleh tangannya ), atau menggunakan microphone wireless headset ( yang langsung terpasang dan menempel di dekat mulutnya ), atau pilihan lainnya. Apakah ia terbiasa menyampaikan materi dengan memanfaatkan luas panggung, yaitu dengan berjalan ke sana ke mari, sesekali turun dari arah panggung dan berinteraksi dengan audiences.

Makin aktif gaya mereka menyampaikan materinya, maka, penggunaan microphone wireless headset akan sangat membantu. Nah, jika ada beberapa nara sumber, kalian juga perlu pertimbangkan, apakah akan ada sesi tanya jawab dimana semua pemateri harus ada di depan panggung ? kalau di depan panggung bersamaan, apakah mereka akan berdiri semua ? atau kita siapkan satu set meja dan kursi untuk mereka duduk bersamaan ?

Jika media visual sudah disiapkan, satu hal yang juga perlu dipersiapkan adalah backdrop acara. Perlukah kalian menyiapkan backdrop acara, sebuah bidang yang menjadi latar belakang panggung, dengan informasi sekilas mengenai acara, tittle acara, nara sumber, tanggal dan lokasi acara, termasuk logo perusahaan yang mengadakan acara workshop atau sponsor yang mendukung acara tersebut.

Backdrop bukanlah sebuah keharusan, namun ia hadir sebagai pemanis. Sementara, untuk ukuran panjang x lebar dari panggung yang akan kalian buat untuk mendukung acara workshop kalian, kalian perlu ukur dengan mempertimbangkan mengenai luas area acara, berapa banyak audiences yang akan hadir dan kebutuhan berdasarkan susunan acara di atas panggung.

Jika ada banyak orang yang akan kalian undang naik di atas panggung dalam waktu yang sama, maka, pertimbangkan untuk menggunakan panggung dengan ukuran panjang x lebar yang cukup luas. Jika ada kesulitan dalam menentukan ini, undang saja vendor panggung kalian untuk survey dan cek lokasi bersama, agar mereka dapat menghitung dan memastikan ukuran yang ideal, agar acara kalian, bukan cuma sukses secara pelaksanaan acara, tapi terlihat indah dan sedap dipandang mata saat acaranya berlangsung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *