Design Panggung, Diawali Dari Mana

Design Panggung, Diawali Dari Mana 1Design panggung, menjadi salah satu cara untuk membuat visualisasi panggung di acara kalian jadi bisa terlihat dengan jelas dan meyakinkan, bagi bos kalian, bagi client kalian, bagi pengelola tempat acara, juga bagi pihak – pihak lain yang akan membantu suksesnya acara kalian. Kalau cuma masih di konsep dan hanya bisa diceritakan lewat kata – kata, mungkin nggak semua orang akan mendapatkan kejelasan, mungkin akan ada perbedaan pengartian, mungkin akan ada persepsi yang berbeda sehingga berpotensi mengganggu suksesnya acara kalian. Jadi jelas, fungsi design panggung akan membawa kalian dan semua pihak yang mendukung acara kalian, akan memiliki kejelasan, karena ada gambar yang terlihat bagaimana bentuk panggung kalian nantinya. Tapi dari mana sebenarnya design panggung itu berawal ? Proses apa yang pertama kali perlu dilakukan sebelum kalian membuat design panggung ?

Design panggung yang baik, diawali dari pembahasan dan perencanaan yang panjang dari rangkaian acara yang akan kalian buat. Pada saat kalian berembuk bersama dengan anggota panitia acara yang lain, pada saat kalian mulai membahas mengenai apa tema dan konsep acaranya, maka, dari situlah proses design panggung sesungguhnya diawali. Dengan pembahasan konsep dan tema acara yang makin mengerucut ke satu konsep yang kalian sepakati ditambah dengan sudah ditentukannya tanggal dan tempat acara, maka proses desain panggung akan menjadi lebih baik lagi. Jadi, proses desain panggung diawali dengan dibuatnya sebuah tema dan konsep acara, dan itu sudah kalian sepakati.

Setelah tema dan konsep acara ditentukan, maka ini akan mempermudah pihak yang membantu kalian dalam mendesain panggung. Ditambah lagi, jika kalian juga sudah memutuskan dimana tempat acaranya, maka, itu juga akan mempermudah bagi designer panggung untuk mulai bekerja. Tema dan konsep acara, akan menjadi panduan bagi designer panggung untuk menggambar. Sementara, tambahan keterangan mengenai dimana tempat acaranya, akan membuat designer panggung juga bisa mendapatkan data tentang ukuran luas area dan luas panggung yang proporsional untuk bisa diaplikasikan dalam design panggung mereka.

Design panggung, jadi bukan semata – mata minta tolong dengan bilang, “Mas, tolong buatkan design panggung ya…” Tapi lebih dari itu, kalian perlu memberikan informasi dan brief yang jelas, diawali dengan apa tema dan konsep acaranya, kapan acaranya dan dimana tempatnya, serta kalian bisa menambahkan informasi detail lainnya, termasuk susunan acara, nuansa acara dan properti yang kalian butuhkan untuk ada di atas panggung kalian. Carilah designer panggung yang mudah dihubungi agar kalian juga mudah dalam berdiskusi, termasuk meminta revisi apabila memang diperlukan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *