cara membuat konsep acara yang baik

Cara Membuat Konsep Acara, Serta Memperkuatnya

Cara membuat konsep acara, bagaimana ya ? Kami bukan pihak yang berkompeten untuk menuliskan bagaimana sebuah konsep acara dibuat, tapi, berdasarkan pengalaman kami ngobrol dengan banyak EO yang menjadi client kami, ada beberapa hal sederhana yang mungkin bisa kami bagikan agar kalian bisa membuat konsep acara yang baik. Ini tentang bagaimana prosesnya membuat konsep acara yang baik, dan yang definisi konsep acara yang baik itu seperti apa ? Dan kami juga akan membuatnya menjadi lebih baik lagi, dengan memberikan tips singkat, bagaimana dari konsep yang sudah kalian buat tadi, dapat lebih dirasakan oleh audiences yang hadir di acara kalian. Siap ??

Sebelum membuat konsep acara, pastinya ada sesuatu yang mengawali, pastilah kalian ada kebutuhan untuk membuat sebuah acara. Apakah itu acara pentas seni sekolah, atau acara gathering perusahaan, semuanya diawali dari kebutuhan untuk menyelenggarakan acara. Dari informasi yang kalian dapat, bahwa perusahaan / institusi / organisasi kalian akan mengadakan acara, maka biasanya akan dibentuklah kepanitiaan. Kalau sudah ada, maka ini waktunya kalian berdiskusi, tukar pendapat atau brain storming, bahaslah mengenai apa tujuan acara kalian, apa konsep dan tema acara yang bisa membawa kalian untuk mendapatkan tujuan dari diadakannya acara tersebut.

Untuk mendapatkan referensi tentang konsep acara, ada banyak hal yang bisa kalian gunakan sebagai referensi, termasuk pilihan konsep dan tema acara yang sudah dibuat oleh banyak perusahaan lain. Sumbernya, kalian bisa mencari di youtube, sesuaikan kata kuncinya dengan jenis acara yang akan kalian buat. Misalnya, kalian mau buat acara Pensi sekolah, maka ketikkan saja Pensi Sekolah, atau Acara Pensi Sekolah. Membuat acara jadi menarik, konsep biasanya juga bisa diadopsi dari banyak hal yang menarik, seperti : dari film terkenal, macam James Bond, Mission Impossible, Superhero dan masih banyak lagi. Tradisi dan kebudayaan dari negara – negara tertentu juga bisa diadopsi jadi konsep dan tema acara kalian, Indonesia misalnya, ada banyak kan tradisi dan kebudayaan yang bisa diangkat menjadi konsep acara kalian.

Nah, untuk memperkuat konsep dan tema acara kalian, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Mendesain panggung dan dekorasi sesuai dengan konsep acara, salah satunya. Untuk bagian yang ini, kalian bisa mendiskusikannya dengan rekan sekantor yang bisa mendesain, atau bisa juga menggunakan jasa pihak ketiga, yang spesialisasinya membuat desain panggung atau juga memproduksi panggung. Ada hal lain yang juga bisa kalian lakukan untuk memperkuat konsep acara kalian, yaitu dengan menampilkan aktivitas yang sesuai dengan konsep acara kalian. Misalnya, kalian membuat acara dengan konsep Tradisional Bali, Indonesia, maka, kalian bisa ajak para undangan untuk datang dengan dress code : Tradisional Bali dan dipilihlah pasangan dengan kostum terbaik. Seru kan ? Jadi, nggak susah untuk menuangkan ide acara kalian dalam sebuah konsep acara, juga nggak susah untuk memperkuat tema dan konsep acara kalian, agar bisa dirasakan oleh audiences yang hadir. Sepakat ?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *